Curug Nangga, Pesona Air Terjun 7 Tingkat di Banyumas

curug nangga ajibarang banyumas

Curug Nangga, Pesona Air Terjun 7 Tingkat di Banyumas

Kabupaten Banyumas terkenal memiliki beragam destinasi wisata alam berupa curug atau air terjun yang indah dan mempesona. Salah satunya adalah curug nangga atau air terjun nangga dengan 7 tingkatnya itu.

Curug Nangga memiliki bentuk persis seperti anak tangga yang memiliki 7 tingkatan air terjun dengan ketinggian masing-masing tingkatan air terjunnya antara 20 Meter – 25 Meter. Sehingga curug ini terkenal dengan sebutan air terjun 7 tingkat di Banyumas.

Air terjun 7 tingkat ini beralamat di Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Jika kamu berkunjung ke Purwokerto atau Banyumas, maka penulis sarankan untuk menyempatkan waktu berkunjung ke destinasi wisata ini.

Karena di tempat wisata ini kamu akan disuguhi sebuah pemandangan alam semesta yang begitu indah dan menawan, berupa air terjun yang mengalir di atas tebing bertingkat 7.

Bacaan Lainnya

Gemercik nya air terjun yang mengalir dan jatuh tepat di atas bebatuan cadas yang berada di bawahnya membuat suasana terasa semkin sejuk dan dingin.

Air terjun dengan bentuk tebing yang bertingkat merupakan sesuatu yang unik sekaligus langka, karena umumnya curug atau air terjun hanya berbentuk 1 tebing saja dengan tinggi menjulang hingga ratusan meter.

Baca Juga : Hutan Pinus Sawangan, Sejuknya Wisata Alam Ajibarang

Namun tidak bagi curug nangga yang memiliki 7 tingkat tebing seperti anak tangga itu. Konon sebutan curug nangga juga berasal dari bentuknya yang unik menyerupai anak tangga.

Keunikan lain dari wisata alam ini adalah letaknya yang berada di perbukitan dengan tinggi sekiatar 1200 Mdpl. Namun tak usah kawatir karena akses jalan menuju ke lokasi wisata telah beraspal dan bisa dilalui dengan mobil.

Saat tiba di lokasi wisata, kamu juga akan langsung di sambut dengan hamparan sawah berundak, sekilas hamparan hijau pesawahan itu mirip seperti yang ada di Ubud Bali. Apalagi jika saat musim tanam atau musim panen padi.

Harga tiket masuk ke wisata curug nangga ini terbilang murah, kamu cukup membayar Rp 10,000 saja untuk dapat menikmati indahnya air terjun 7 tingkat dengan susana hutan yang sangat asri serta hamparan sawah yang segar.

Meskipun kamu harus berjalan kaki lagi sekitar 1 KM dari tempat parkir untuk sampai ke curugnya, namun lagi-lagi pemandangan indah hamparan sawah akan menemai perjalanan mu menuju tempat wisata yang sejuk itu.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang ingin meyegarkan pikiran, melepas penatnya kehidupan sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan bersama dengan keluarga atau pasangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

3 Komentar